Kamis, 24 Oktober 2019

Roadmap Learning

Adalah sebuah rancangan yang dibuat oleh pendidik yang terdiri dari Kompetensi Dasar, Materi, Strategi Belajar, Sumber Belajar, Waktu Belajar, dan Indikator Keberhasilan.
Stategi belajar terbagi menjadi 2 jenis yaitu tatap muka dan mandiri. Tatap muka berupa pertemuan di kelas, sementara mandiri dilakukan siswa sendiri dengan mempelajari beberapa sumber belajar/modul yang diberikan oleh pendidik.
Modul ini berupa link yang berisi materi. Link ini dapat diakses dari HP berbasis android, Laptop terkoneksi internet ataupun PC di warnet. Dengan demikian peserta didik benar-benar melakukan kegiatan belajar secara mandiri.
Untuk mengetahui sejauh mana kemajuan belajar peserta didik, diberikan Jurnal kemajuan belajar yang diisi sendiri oleh peserta didik dengan jujur, sejauh mana dia menguasai materi, apakah dia mendapati kesulitan belajar, dan lain sebagainya.
Selain itu juga ada ujian modul sesuai materi yang telah dipelajari. Kemajuan belajar siswa dapat diketahui dari hasil ujian ini.
Untuk mewujudkan "Roadmap Learning" yang ideal, pendidik harus mencermati sumber belajar yang layak diberikan kepada peserta didik, baik itu materi tertulis dari website ataupun video pembelajaran dari Youtube.
Setelah lengkap baik materi tulis ataupun video, pendidik bisa menyebarkan "Roadmap Learning" tersebut kepada peserta didik melalui WA.
Tunggu, apakah cara ini efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap sebuah materi pelajaran? Just do it. Wait and see.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

Site Info


blogger counters

Cerita hati Copyright © 2009 koerniawan by bTemplate with me بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم